Ulmi, Nabila (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pengusaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Totally Physical Response (TPR) bagi Anak Autisme (Single Subject Research di Kelas IV SLB YPPA Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_NABILA_ULMI_01159_942_2013.pdf [thumbnail of B1_2_NABILA_ULMI_01159_942_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_NABILA_ULMI_01159_942_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah siswa autisme di kelas IV SLB YPPA Padang, yang mana ia menyukai pelajaran bahasa Inggris akan tetapi ketika diberikan soal berupa mengartikan kosakata bahasa Inggris yang telah ia pelajari,
hanya beberapa saja yang bisa diketahui anak. Dari sini terlihat bahwa anakberkesulitan mengingat kosakata bahasa Inggris yang telah diajarkan. Oleh karena itu, peneliti memilih metode totally physical response (TPR) yang
mengutamakan kegiatan fisik dalam pelaksanaannya yang didukung oleh teori Jhon Dewey yang menyatakan jika peserta didik diminta melakukan sesuatau dan melaporkanya maka mereka akan mengingat 90%. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah untuk melihat pengaruh penggunaan metode totally physical response (TPR) terhadap perkembangan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak dan juga untuk membantu anak dalam mengatasi permasalahannya Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu single subject research (SSR) dengan desain penelitian A-B yaitu untuk melihat perkembangan anak dari sebelum diberi perlakuan (baseline) dalam penelitian ini dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan dan sesudah diberi perlakuan (intervensi) dilakukan sebanyak 10 kali pertemuan. Dengan tarrget behavior yang diteliti adalah menunjukkan, menyebutkan,
menuliskan, dan mengartikan kosakata bahasa Inggris.
Hasil analisis data menunjukkan selama masa penelitian yaitu 16 hari tampak adanya perkembangan pada kemampuan penguasaan kosakata anak dari baseline yang hanya stabil pada jumlah 5 kosakata naik dan stabil menjadi 30 kosakata yang dapat ditunjukkan, disebutkan, dituliskan dan diartikan pada kondisi intervensi. Hal ini membuktikan pemberian metode totally physical response berdampak positif bagi
perkembangan penguasaan kosakata bahasa Inggris bagi anak autisme di kelas IV SLB YPPA Padang. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pemberian metode totally physial response dapat meningkatkan kemampuan penguasaan
kosakata bahasa Inggris bagi anak autisme.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 09:32 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 09:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7015 |