Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa Kelas XI TITL Pada Mata Pelajaran Mesin-Mesin Listrik di SMK N1 Pariaman

Hunafa, Hunafa (2017) Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa Kelas XI TITL Pada Mata Pelajaran Mesin-Mesin Listrik di SMK N1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_HUNAFA_1208997_688_2017.pdf] Text
B1_03_HUNAFA_1208997_688_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa di SMK N 1 Pariaman kelas XI TITL 1 pada mata pelajaran MesinMesin Listrik. Model pembelajaran Tutor Sebaya adalah strategi belajar mengajar yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok. Disamping itu, dengan penerapan model tutor Sebaya ini siswa dapat Menbantu teman yang kurang pandai dalam kelompoknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mesin-Mesin Listrik dengan penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya di kelas XI TITL SMK N 1 Pariaman. Desain penelitian adalah quasi eksperiment dengan penelitian One Group pretest-posttest desain, penelitian ini dilakukan terhadap 38 siswa kelas XI TITL 1 SMKN 1 Pariaman, sedangkan ujicoba soal dilaksanakan di kelas XI TITL II SMKN 1Pariaman. Instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Instrumen tersebut sebelum digunakan terlebih dahulu diuji validitasnya maka diperoleh 30 soal pre-test dan post-test yang valid. Reliabilitas soal pre-test adalah 0.942 dan realibilitas Post-test adalah 0.943.hasil perhitungan uji normalitas data hasil belajar siswa setelah perlakuan didapatkan mean = 87.07 diperoleh χ i 2 hitung = 2.07 Banyaknya data 38 dan dk = 6 maka diperoleh χ 2 tabel = 12,59 dengan demikian χ 2 hitung ini berarti nilai post-test hasil belajar Mesin-Mesin Listrik terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test sebelum menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya 63.03 dan rata-rata nilai post-test setelah menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya sebesar 87.08. Hasil perhitungan dengan rumus gain score diperoleh sebesar = 0,651 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar Mesin-Mesin Listrik siswa kelas XI SMKN 1 Pariaman dengan menggunakan model pembelajaran Tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketuntasan hasil belajar, Mesin-Mesin Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 Apr 2025 08:22
Last Modified: 22 Apr 2025 08:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7012

Actions (login required)

View Item
View Item