Afkarin, Safira Dini (2022) Kesiapan Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran IPA/Biologi di SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SAFIRA_DINI_AFKARIN_16031114_746_2022.pdf [thumbnail of B1_3_SAFIRA_DINI_AFKARIN_16031114_746_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SAFIRA_DINI_AFKARIN_16031114_746_2022.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pandemi Covid-19 mulai memasuki Indonesia pada awal Maret 2020 dan penyebarannya mempengaruhi semua kegiatan termasuk kegiatan dibidang pendidikan. Penerapan pembelajaran daring menjadi salah satu cara tetap berjalannya proses pembelajaran dengan jarak jauh. Pembelajaran daring dilakukan tanpa adanya tatap muka antara peserta didik dan guru, sehingga terdapat permasalahan saat pelaksanaan pembelajaran secara daring. Berdasarkan observasi terhadap peserta didik di SMP Negeri 13 Padang bahwa ditemukan peserta didik memiliki kendala saat mengikuti, memahami dan menerima materi pada kelas daring. Hal ini berpengaruh pada kesiapan peserta didik pada pembelajaran daring, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan peserta didik kelas VII dalam mengikuti pembelajaran daring di SMP Negeri 13 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada Juni 2021 di SMP Negeri 13 Padang. Teknik pengambilan sampel yaitu proportionate random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII yang berjumlah 50 orang. Pengambilan data dilakukan melalui cara wawancara dengan guru IPA/Biologi yang bertanggung jawab dengan kelas VII di SMP Negeri 13 Padang dan menyebarkan lembaran angket kepada peserta didik. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif menggunakan Microsoft Excel. Aspek yang digunakan utuk menilai kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring ini ialah aspek kesiapan diri peserta didik, kesiapan fasilitas, kesiapan konektifitas, kesiapan dukungan orang tua, dan kesiapan referensi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keseluruhan aspek diperoleh ratarata 68,7% dengan kategori siap. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peserta didik SMP Negeri 13 Padang siap untuk melaksanakan pembelajaran daring di era pandemi Covid-19 pada pembelajaran IPA/Biologi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan belajar, deskriptif, pembelajaran daring, pelajaran IPA/Biologi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 09:32 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 09:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7011 |