Pengembangan Modul Berorientasi Kontruktivis Didasari Model Pembelajaran ARIAS tentang Materi Sistem Reproduksi untuk Siswa SMA

Neldarisasmita, Neldarisasmita (2013) Pengembangan Modul Berorientasi Kontruktivis Didasari Model Pembelajaran ARIAS tentang Materi Sistem Reproduksi untuk Siswa SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NELDARISASMITA_12627_6406_2013.pdf] Text
B1_3_NELDARISASMITA_12627_6406_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya bahan ajar yang digunakan oleh siswa baik berupa handout dan LKS yang diberikan guru atau buku yang siswa pinjam di perpustakaan sekolah membuat guru kesulitan dalam menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Padahal proses pendidikan menuntut penerapan sistem pembelajaran student center dimana siswa dapat membangun/ mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Kurangnya bahan ajar yang dimiliki siswa, pada akhirnya guru cenderung menerapkan sistem pembelajaran yang berpusat pada guru. Oleh karena itu, dikembangkanlah bahan ajar berupa modul berorientasi konstruktivis didasari model pembelajaran ARIAS. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul berorientasi konstruktivis didasari model pembelajaran ARIAS yang valid dan praktis tentang materi sistem reproduksi untuk siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan modul yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan modul, penyusunan naskah/draft modul, uji coba, validasi, revisi dan produksi . Subjek penelitian ini terdiri dari 6 orang validator, dan untuk uji praktikalitas dilakukan oleh 3 orang guru dan 20 orang siswa Kelas XI SMAN 9 Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan rumus persentase. Dari penelitian dihasilkan produk berupa modul. Pada validasi modul didapatkan nilai 92,46% sehingga modul berorientasi konstruktivis didasari model pembelajaran ARIAS yang dihasilkan dinyatakan valid oleh validator baik dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun aspek kegrafikan. Untuk uji praktikalitas oleh guru dan siswa secara berturut-turut didapat nilai 92,36% dan 87,81% dinyatakan sangat praktis oleh guru dan praktis oleh siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: odul Berorientasi Kontruktivitas, Pembelajaran ARIAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 Apr 2025 08:22
Last Modified: 22 Apr 2025 08:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7009

Actions (login required)

View Item
View Item