Montesa, Yulianti (2019) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Benda Melalui Model Pembelajaran Scramble BagiSiswa Tunarungu Kleas VIII di SLB Amal Bhakti Sicincin (Classroom Action Research). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_YULIANTI_MONTESA_14003102_166_2019.pdf [thumbnail of B1_02_YULIANTI_MONTESA_14003102_166_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_YULIANTI_MONTESA_14003102_166_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada siswa tunarungu
kelas VIII di SLB Amal Bhakti Sicincin, yang belum mengenal kata benda.
Dalam proses pembelajaran biasanya guru menggunakan metode ceramah dan
media langsung, dengan cara menunjuk sebuah benda nyata dan menanyakan
kepada siswa apa nama benda itu, lalu siswa menjawab dengan cara menuliskan
pada bukutulisnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.)Mendeskripsikan proses
meningkatkan kemampuan mengenal kata benda hidup dan benda mati yang ada
dilingkungan sekolah melalui model pembelajaran Scramble , 2.)Membuktikan
model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan kemampuan mengenal kata
benda hidup dan benda mati yang ada dilingkungan sekolah.
Metode penelitian yangdigunakan adalah classroom action research yang
dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas.Subjek penelitian adalah
guru kelas dan seorang siswa tunarungu kelas VIII.Peneliti bertindak sebagai
pelaksana, sedangkan guru kelas sebagai pengamat. Kegiatan penelitian ini
dilakukan sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II,dimana masing-masing
siklus dilakukan empat kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Setelah guru menggunakan
model pembelajaran Scramble dalam proses mengenal kata benda hidup dan
benda mati yang ada dilingkungan sekolah, kemampuan siswa tunarungu kelas
VIII meningkat. 2.) Hasil belajar siswa tunarungu kelas VIII dalam mengenal kata
benda hidup dan benda mati yang ada dilingkungan sekolah mengalami banyak
peningkatan, dapat dilihat dari meningkatnya persentase kemampuan awal siswa,
sampai ke pemberian tindakan pada siklus I dan berlanjut ke siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian beserta analisis data yang diperoleh dan
dilaksanakan oleh peneliti maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
scramble dapat meningkatkan kemampuan mengenal kata benda hidup dan benda
mati yang ada dilingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BAGI SISWA TUNARUNGU |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 08:21 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 08:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7007 |