Pengembangan Concept Mapping Berbasis Aplikasi Swishmax pada Mata Kuliah Pengelolaan Perpustakaan

Sari, Neisha Permata (2016) Pengembangan Concept Mapping Berbasis Aplikasi Swishmax pada Mata Kuliah Pengelolaan Perpustakaan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NEISHA_PERMATA_SARI_1105389_683_2016.pdf] Text
B1_3_NEISHA_PERMATA_SARI_1105389_683_2016.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penggunaan media dalam proses pembelajaran memiliki berbagai kegunaan, diantaranya dapat mengatasi perbedaan gaya belajar, minat, intelegensi, keterbatasan daya indera dan keterbatasan waktu. Tujuan dari pembuatan media ini adalah untuk memfasilitasi mahasiswa dalam proses perkuliahan sehingga didapatkan hasil yang optimal Dalam hal ini digunakan concept mapping sebagai salah satu unsur dalam media pembelajaran ini yang bertujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman di awal pembelajaran. Concept mapping dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran atau menghubungkan konsep–konsep permasalahan tertentu dari cabangcabang sel saraf membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman. Selain itu aplikasi yang digunakan adalah Swishmax. Swishmax merupakan salah satu aplikasi yang dapat membuat multimedia interaktif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian Reaserch and Development (R&D). Objek penelitiannya adalah mahasiswa jurusan KTP FIP UNP tahun masuk 2012 yang berjumlah 20 orang, dengan validator berjumlah 4 orang yang berasal dari jurusan KTP FIP UNP yakni 2 ahli materi yaitu dosen pengampu mata kuliah pengelolaan perpustakaan dan 2 orang ahli media. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, lembar penilaian, angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui kualitas produk. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari ahli materi dan ahli media yakni, hasil validasi materi diperoleh nilai “Sangat baik atau Sangat Lengkap” sehingga materi dinyatakan Valid untuk digunakan, hasil validasi media diperoleh nilai“Sangat Baik”, sehingga media dikategorikan Valid untuk diuji cobakan. Sehingga dapat disimpulkan media Concept Mapping berbasis aplikasi Swishmax dapat diuji cobakan. Selanjutnya, hasil analisis berdasarkan uji coba produk media Concept Mapping berbasis aplikasi Swishmax berada pada kategori “Sangat Baik atau Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimulkan bahwa concept mapping berbasis aplikasi swishmax dapat dikembangkan pada mata kuliah pengelolaan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Concept Mapping, Aplikasi Swishmax
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 Apr 2025 08:21
Last Modified: 22 Apr 2025 08:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7005

Actions (login required)

View Item
View Item