Efrizon, Sabna (2022) Analisis Kualitas E-learning pada Pembelajaran Biologi Kelas X Menggunakan Quality Matters Rubric (QMR) Edisi Ke-5 Di SMAS Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SABNA_EFRIZON_18031170_316_2023.pdf [thumbnail of B1_3_SABNA_EFRIZON_18031170_316_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SABNA_EFRIZON_18031170_316_2023.pdf
Download (10MB)
Abstract
E-learning adalah suatu sistem pembelajaran berbasis elektronik. Sistem inilah yang dibutuhkan dalam pembelajaran jarak jauh. Dengan menggunakan e-learning, pembelajaran bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja, namun semua tergantung pada keperluan pendidik dan peserta didik, serta perangkat yang memadai. Kualitas e-learning sangat perlu diperhatikan, karena sejalan dengan kualitas e-learning yang baik maka tujuan dari pendidikan juga akan tercapai dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMAS Adabiah Padang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah elearning pada pembelajaran biologi yang ada di SMA Adabiah Padang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan cara Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Quality Matters Rubric (QMR) Edisi ke-5. Data penelitian di analisiskan secara kualitatif untuk menentukan kualitas elearning yang dengan kriteria kualitas sangat rendah. Hasil penelitian menunujukkan bahwa kualitas e-learning maka di SMA Adabiah sebesar 16% dengan kualitas sangat rendah, berdasarkan tabel interpretasi nilai tersebut sudah menunjukkan kualitas e-learning sangat rendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Pembelajaran, E-learning, Quality Matters Rubric |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 08:05 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6987 |