Sari, Nara (2012) The Contribution of Genre Awareness Towards Reading Comprehension of Narratives: A Study at English Language Teaching Study Program Students of Padang State University. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NARA_SARI_83607_2387_2013.pdf [thumbnail of B1_3_NARA_SARI_83607_2387_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NARA_SARI_83607_2387_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Menurut KTSP 2006, teks narrative adalah salah satu bentuk teks yang paling sering diajarkan di sekolah menengah di Indonesia. Untuk mengajarkan teks ini kepada siswa, guru pun harus memiliki kemampuan membaca narrative yang baik. Sebagai calon guru, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang (UNP) dituntut untuk memilki kemampuan membaca yang baik tersebut. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca ini. Salah satunya adalah pengetahuan tentang jenis teks atau genre awareness. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar kontribusi genre awareness terhadap pemahaman membaca narrative. Peserta penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2009 yang telah lulus mata kuliah reading 1, reading 2, dan reading 3. Penelitian ini berbentuk mixed-method research yang melibatkan dua teknik pengumpulan data, yaitu secara kuantitatif melalui tes membaca dan kualitatif melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berfluktuasinya reading comprehension dapat dijelaskan oleh genre awareness sebesar 73%. Hasil tes menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki genre awareness rendah tidak mampu memahami narrative dengan baik. Begitu juga sebaliknya, mahasiswa yang memiliki genre awareness yang bagus mampu memahami narrative dengan baik pula. Di samping itu, hasil wawancara juga membuktikan bahwa kemampuan membaca narrative mahasiswa sebagian besar dipengaruhi oleh genre awareness yang mereka miliki. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris harus mengasah pengetahuan tentang jenis teks atau genre awareness. Hal ini sangat berperan untuk meningkatkan kemampuan membaca narrative dan untuk meraih kesuksesan dalam bidang akademik mereka.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Genre Awareness, Narratives, English Language |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 08:04 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6984 |