Ernawati, Ernawati (2015) Efektivitas Metode Analisis Glass Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Bagi Anak Disleksia (Single Subject Research Kelas III SDN 09 Koto Luar Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ERNAWATI_1100248_3552_2015.pdf [thumbnail of B1_2_ERNAWATI_1100248_3552_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ERNAWATI_1100248_3552_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Peneliti menemukan masalah yang di alami seorang anak yang belum bisa membaca kata, khususunya membaca kata vokal rangkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas metode analisis glass untuk meningkatkan kemampuan membaca kata bagi anak disleksia di SDN 09 Koto Luar Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah single subject research dengan desain AB-A. Prosedur perekaman data dengan cara pengamatan secara langsung terhadap kemampuan hasil latihan yang diberikan pada anak X. Data direkam melalui prosedur Event Recording yaitu memberi tanda ceklist (√) pada sejumlah hasil bacaan yang dibaca dengan tepat. Jenis target behaviournya adalah persentase. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk Visual Analysis of Grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak X dalam membaca kata vokal rangkap dapat meningkat secara signifikan. Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline sebanyak enam kali dan kondisi intervensi sebanyak tujuh kali dan baseline akhir sebanyak lima kali. Hal ini menunjukkan pada kondisi baseline (A1) kemampuan membaca kata vokal rangkap pada anak disleksia rendah yaitu 7%. Kemudian pada kondisi treatment (B) menjadi 93%, dan kemampuan anak setelah tidak diberi intervensi lagi ialah stabil 93%. Dengan demikian maka kemampuan anak dalam membaca kata yang berupa vokal rangkap meningkat sebanyak 86%. Hal ini terbukti dari hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilan, jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat secara positif, serta Overlap pada analisis data 0%. Oleh karena itu disarankan pada guru dalam membaca kata khususnya membaca kata vokal rangkap bagi anak disleksia agar menggunakan metode analisis glass untuk meningkatkan kemampuan membaca kata anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE ANALISIS GLASS, MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 08:04 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6983 |