Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Model Pembelajaran Konvensional pada Mata Diklat Dasar dan Pengukuran Listrik Kelas X TITL SMK N 1 Lembah Melintang

Setiawan, Heru (2017) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Model Pembelajaran Konvensional pada Mata Diklat Dasar dan Pengukuran Listrik Kelas X TITL SMK N 1 Lembah Melintang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_HERU_SETIAWAN_1303661_2938_2017.pdf] Text
B1_03_HERU_SETIAWAN_1303661_2938_2017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan keinginan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran, sehingga memberikan dampak yang kurang baik terhadap hasil pembelajaran tersebut. Salah satu pilihan yang bisa dicoba adalah menggunakan model pembelajaran yang lebih menarik untuk merangsang minat siswa tersebut untuk mengikuti proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang semestinya dapat berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional pada mata diklat Dasar dan Pengukuran Listrik di kelas X TITL SMK Negeri 1 Lembah Melintang Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment (Posttest Only Control Design). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL1& X TITL2 SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Pemilihan subjek penelitian adalah dengan melakukan uji beda nilai Ulangan harian pada KD 3, setelah diketahui bahwa kedua kelas ini memiliki kemampuan awal yang sama maka dipilihlah kelas eksperimen dan kelas kontrol secara acak. Hasil undian terpilihlah kelas X TITL1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya adalah dengan mengumpulkan hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil posttest, data yang diperoleh dianalisis dengan uji t untuk melihat perbedaan hasil belajar kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian dieroleh rata rata nilai posttest siswa kelas eksperimen adalah 81.55 dan rata rata nilai posttest siswa kelas kontrol adalah 74.55. Perhitungan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis yang ada yaitu t hitung > t tabel atau 3.37> 1,99, dengan keputusan akhir Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional pada mata diklat Dasar dan Pengukuran Listrik di kelas X TITL SMK Negeri 1 Lembah Melintang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, uji-t, Quasi Experiment.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 Apr 2025 08:04
Last Modified: 22 Apr 2025 08:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6982

Actions (login required)

View Item
View Item