Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP

Defi, Hertiana (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_HERTIANA_DEFI_15004085_2947_2019.pdf] Text
B1_03_HERTIANA_DEFI_15004085_2947_2019.pdf

Download (12MB)

Abstract

engembangan multimedia interaktif ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, rendahnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VII SMP yang valid dan praktis. Jenis dan metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau yang lebih dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) model 4-D. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian terdiri dari atas 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Validitas produk dilakukan oleh 3 orang yakni 2 orang validator media dan 1 orang validitas materi, sedangkan uji praktikalitas penelitian 27 orang siswa SMP 18 Padang. Alat pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan format penilaian. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari validator media dan validator materi, hasil penilaian oleh dua orang ahli media dikategorikan “Sangat Valid” untuk digunakan dengan jumlah rata-rata penilaian yaitu dari validator I mendapat rata-rata 4,88, dan validator II rata-rata 4,82. Sedangkan hasil penilaian ahli materi dikategorikan “Sangat Valid” dengan rata-rata 4,82. Hasil uji praktikalitas pada media interaktif berada pada kategori “Sangat Praktis” dengan hasil penilaian ratarata 4,60. Jadi dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6 yang telah dikembangkan sudah valid dan praktis. Maka multimedia interaktif layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Aplikasi Adobe Flash Professional CS6, Ilmu Pengetahuan Alam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 Apr 2025 08:04
Last Modified: 22 Apr 2025 08:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6975

Actions (login required)

View Item
View Item