Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Peralatan Listrik Rumah Tangga di kelas XI SMK Negeri 1 Bukittinggi tahun ajaran 2009/2010

Febriandika, Nanda (2011) Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Peralatan Listrik Rumah Tangga di kelas XI SMK Negeri 1 Bukittinggi tahun ajaran 2009/2010. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NANDA_FEBRIANDIKA_48972_2011.pdf] Text
B1_3_NANDA_FEBRIANDIKA_48972_2011.pdf

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa berdasarkan observasi dan pengalaman mengajar di SMK Negeri 1 Bukittinggi, ditemukan bahwa keaktifan belajar siswa rendah, padahal keaktifan siswa di dalam kelas berperan penting dalam keberhasilan siswa itu sendiri. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aktivitasdanhasil belajar siswa dalam mata pelajaran Peralatan Listrik Rumah Tangga adalah menerapkan Metode Penemuan Terbimbing. TujuanpenelitianadalahMengungkapkan aktivitas belajar siswa dengan metode penemuan terbimbing, mengungkapkan peningkatkan hasil belajar dengan metode penemuan terbimbing dan mengungkapkan perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dengan metode penemuan terbimbing dibandingkan pembelajaran reguler. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain pretest-posttes group kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik) SMKN 1 Bukittinggi yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2009/2010.Instrumen penelitian adalah lembaran observasi dan tes. eksperimen dilakukan sebanyak 3 kali. Tes hasil belajar diberikan pada awal dan akhir pembelajaran. Tes hasil belajar diberikan kepada kedua kelas sampel dengan soal yang sama. Berdasarkan analisis aktivitas belajar persentasenya 70,1% dengan kategori baik, sedangkan hasil belajar setelah penerapan metodeterbimbing rata-ratanya 82,89 (93,10%)dengankategori sedang. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen padapre-test 66,55danpost-test82,89. Sedangkan padakelaskontrol rata-rata hasilbelajarsiswapadapre-test 62,35danpost-test69,40. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh t hitung = 5,04dan t tabel = 1,699 berarti t hitung lebih besar dari pada t tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa diperoleh t hitung > t tabel (5,04>1,699) yang berarti H 0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruhantara hasil belajar siswa yang menggunakan metode penemuan terbimbing dengan siswa yang menggunakan metode konvensional.Penelitian ini terbatas pada mata pelajaran Peralatan Listrik Rumah Tangga dengan hanya mengacu pada dua kompetensi dasar dan empat kelompok materi saja.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: etode Penemuan Terbimbing, Peralatan Listrik Rumah Tangga
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 Apr 2025 08:02
Last Modified: 22 Apr 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6970

Actions (login required)

View Item
View Item