Nanda, Nanda (2012) Improving Student’s Speaking Ability Through Western Song at Junior High School. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NANDA_67431_5697_2012.pdf [thumbnail of B1_3_NANDA_67431_5697_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NANDA_67431_5697_2012.pdf
Download (894kB)
Abstract
Western song adalah lagu dalam bahasa inggris yang ditulis dalam bentuk lirik dan tujuannya menghibur penonton. Ada beberapa media yang bisa di gunakan dalam menga jar speaking salah satunya adalah melalui Western song. Western song merupakan sejenis media berupa lirik yang dapat membantu siswa dalam berbicara dengan membawakan sebuah lagu, dan lagu tersebut mempunyai kesan bagi siswa. Penggunaan media Western song dalam mengajar speaking dapat menarik perhatian siswa karena media yang digunakan berhubungan langsung dengan siswa sehingga akan memancing siswa untuk berbicara. Dengan membawa media Western song sendiri siswa akan terbantu untuk mengembangkan imajinasi mereka terhadap cerita yang akan mereka nyanyikan. Mereka juga bisa menjelaskan arti dan makna dari western song tersebut, sehingga mereka mempunyai kesempatan berbicara di kelas. Media ini juga akan memberi kesenangan saat mereka mengekspresikan lagu mereka sendiri. Media Western song digunakan dalam tiga fase, yaitu Pre-teaching, Whilst-teaching, dan Post-teaching activities. Dalam pre-teaching, guru mengingatkan siswa tentang pengalaman nya. Menunjukkan pada siswa poster dari penyanyi terkenal. Guru meminta siswa untuk bertanya tentang apapun yang berhubungan dengan poster tersebut. Guru memainkan lagu dan meminta siswa untuk mendengarkan lagu tersebut. Dan meminta pendapat mereka mengenai lagu tersebut. Dalam whilst-teaching, guru membagi siswa ke dalam bentuk kelompok. Guru memainkan lagu dan menghentikan lagu per baris. Guru meminta mereka untuk mengulang kalimat tersebut. Guru meminta setiap kelompok untuk berdiskusi dan menceritakan makna lagu tersebut. Masing masing kelompok mempresentasikan hasil dis kusi. lalu , guru meminta siswa untuk bernyanyi di depan kelas. Dalam post-teaching, guru memberi komentar dan pendapat tentang kegiatan berbicara yang baru saja mereka lakukan di dalam kelas. Guru meminta siswa untuk mengingat lagu tersebut dan menyanyikan lagu tersebut di depan kelas.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Speaking, Western Song |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 08:02 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6967 |