Octaviyandri, Octaviyandri (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction Model) Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Siswa pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Darma Yudha Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_OCTAVIYANDRI_51933_3035_2013.pdf [thumbnail of B1_1_OCTAVIYANDRI_51933_3035_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_OCTAVIYANDRI_51933_3035_2013.pdf
Download (564kB)
Abstract
Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi keberadaannya sangat
diperlukan dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Akan tetapi,
kenyataan memperlihatkan bahwa kemampuan siswa dalam pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi masih di bawah KKM dan salah satu penyebabnya
adalah tidak tepatnya model pembelajaran yang digunakan guru dalam
pembelajaran. Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang biasa
dilakukan oleh guru pada umumnya kurang interaktif, kurang variatif dan kurang
mengoptimalkan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan pengaruh model pembelajaran langsung terhadap pemahaman
konsep dan keterampilan belajar siswa pada pembelajaran Teknologi Informasi
dan Komunikasi di SD Darma Yudha Pekanbaru. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode ekperimen dengan disain one group time series. Untuk
mengumpulkan data dilakukan dengan melakukan tes pemahaman konsep dan
keterampilan belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap pemahaman
konsep dan keterampilan belajar siswa setelah pembelajaran dengan model
pembelajaran langsung. Data hasil pre-test terhadap pemahaman konsep diperoleh
rata-rata nilai sebesar 64,09 dan rata-rata nilai post-test sebesar 82,12. Dari data
tersebut, diperoleh indeks <g> sebesar 0,51. Berdasarkan kriteria efektifitas,
indeks tersebut berada pada kategori efektifitas “sedang”. Sedangkan data hasil
pre-test terhadap keterampilan belajar siswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 62,12
dan rata-rata nilai post-tes sebesar 83,64. Dari data tersebut, diperoleh indeks <g>
sebesar 0,52 Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pengajaran
Langsung (Direct Instruction) efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep
dan keterampilan belajar siswa dalam proses pembelajaran Teknologi Informasi
dan Komunikasi
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 08:02 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6961 |