Kompetensi Pedagogik Ditinjau dari Komunikasi Interpersonal dan Kecerdasan Emosional Guru SMA Negeri di Kota Padangsidimpuan.

Hutauruk, Nursyawiyah (2012) Kompetensi Pedagogik Ditinjau dari Komunikasi Interpersonal dan Kecerdasan Emosional Guru SMA Negeri di Kota Padangsidimpuan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NURSYAWIYAH_HUTAURUK_19071_5157_2012.pdf] Text
B1_1_NURSYAWIYAH_HUTAURUK_19071_5157_2012.pdf

Download (151kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan sementara di SMA Negeri Kota
Padangsidimpuan, terlihat kompetensi pedagogik guru sebagian belum baik.hal ini
terlihat dari kecenderungan guru kurang mampu menguasai karakteristik peserta
didik, kondisi ini dipengaruhi oleh komunikasi interpersonal dan Kecerdasan
Emosional Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan 1) Kontribusi
komunikasi interpersonal terhadap kompetensi pedagogik guru SMA Negeri di
Kota Padangsidimpuan, 2) Kontribusi kecerdasan Emosional terhadap kompetensi
pedagogik guru SMA Negeri di Kota Padangsidimpuan, 3) kontribusi Komunikasi
Interpersonal dan Kecerdasan Emosional secara bersama sama terhadap
Kompetensi Pedagogik guru SMA Negeri di Kota Padangsidimpuan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri di Kota
Padangsidimpuan sebanyak 442 orang guru yang berstatus PNS, teknik
pengambilan sampel stratified proporsional random sampling yaitu sebanyak 76
orang guru. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Data yang
terkumpul itu kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis
korelasi dan regresi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Secara bersama sama (simultan)
variabel komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosional berkontribusi
terhadap kompetensi pedagogik guru SMA Negeri di kota Padangsidimpuan
sebesar 45,70 % dan sisanya sisanya 54,30 % ditentukan oleh variabel lain, 2)
Kontribusi variabel komunikasi interpersonal terhadap variabel kompetensi
pedagogik Guru SMA Negeri sebesar 35,40 % kemudian sisanya 64,60 %
ditentukan oleh variabel lain, 3) Kontribusi variabel Kecerdasan Emosional
terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMA Negeri di Kota Padangsidimpuan
sebesar 28,20 % kemudian sisanya 71,80 % ditentukan oleh variabel lain, 4) Jika
variabel Kecerdasan Emosional dikontrol, maka variabel Komunikasi
Interpersonal sebesar 25,44 % terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMA Negeri
di Kota Padangsidimpuan. Jika variabel Komunikasi Interpersonal dikontrol,
maka variabel Kecerdasan Emosional memberikan kontribusi sebesar 20,66%
terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMA Negeri di Kota Padangsidimpuan.
Berdasarkan kesimpulan dan implikasi, disarankan agar dalam upaya
meningkatkan kompetensi pedagogik guru, maka guru harus mampu
meningkatkan komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosionalnya dalam
melaksanakan tugas yang diembannya

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 07:59
Last Modified: 22 Apr 2025 07:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6946

Actions (login required)

View Item
View Item