Putra, Erlangga (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai LKS Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMAN 9 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ERLANGGA PUTRA (04959).pdf [thumbnail of B1_2_ERLANGGA PUTRA (04959).pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ERLANGGA PUTRA (04959).pdf
Download (7MB)
Abstract
Hasil observasi yang dilakukan di kelas X SMAN 9 Padang, menunjukkan bahwa aktivitas dalam pembelajaran matematika masih didominasi oleh siswa yang berkemampuan akademik tinggi, sehingga berdampak kepada hasil belajar siswa yang sebagian besar masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, belum terlihat penggunaan bahan ajar yang mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai LKS Berbasis Pendekatan Kontekstual yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai LKS berbasis pendekatan kontekstual?, 2) Apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai LKS berbasis pendekatan kontekstual lebih baik yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMAN 9 Padang?. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai LKS berbasis pendekatan kontekstual lebih baik yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMAN 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Penelitian deskriptif digunakan untuk melihat aktivitas siswa, sedangkan penelitian eksperimen digunakan untuk melihat perbandingan hasil belajar matematika siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai LKS berbasis pendekatan kontekstual dan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang. Sampel dipilih secara acak, yang terpilih adalah kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Data aktivitas diambil dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar berasal dari tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan uji hipotesis, yaitu uji t pada taraf ∝= 0,05. Berdasarkan analisis data, aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan berfluktuasi sedangkan rata-rata tes akhir kelas eksperimen adalah 73,5 dan rata-rata kelas kontrol adalah 62,55. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai LKS berbasis pendekatan kontekstual lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika kelas X SMAN 9 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 07:52 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 07:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6912 |