Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sekilas Berbasis Strategi Know Want to Know Learned (KWL) di Kelas V Sekolah Dasar

Suryani, Ade Irma (2016) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sekilas Berbasis Strategi Know Want to Know Learned (KWL) di Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ADE_IRMA_SURYANI_14124001_850_2017.pdf] Text
B1_01_ADE_IRMA_SURYANI_14124001_850_2017.pdf

Download (931kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran membaca sekilassalah satunya adalah bahan ajar yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhankompetensi dasar yang terdapat dalam kurikulum. Mengatasi hal ini, perludikembangkan bahan ajar membaca sekilas yang dapat membantu peserta didikmemahami isi bacaan sesuai dengan tahapan membaca yaitu prabaca, saat baca, danpascabaca. Oleh karena itu, dicarikan solusi berupa pengembangan bahan ajarmembaca sekilas berbasis strategi KWL.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuanmengembangkan bahan ajar membaca sekilas berbasis strategi KWL yang valid,praktis, dan efektif. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model 4D ( Define,Design, Develop, and Disseminate). Data validitas diperoleh dari validasi para ahli danpraktisi, data kepraktisan diperoleh melalui lembar keterlaksanaan RPP, angket responguru dan peserta didik, sedangkan data keefektifan diperoleh dari hasil observasiaktivitas dan hasil keterampilan membaca peserta didik.Hasil penelitian ini berupa produk bahan ajar. Hasil validasi RPP bahan ajarrata-rata 3,69 dengan kategori sangat valid, validasi bahan ajar rata-rata 3,74 dengankategori sangat valid. Observasi keterlaksanaan RPP memperoleh 95,67% dengankategori sangat praktis. Angket respon guru 97,50% dengan kategori sangat praktis,angket respon peserta didik 88,52% dengan kategori sangat praktis. Penilaian aktivitaspeserta didik rata-rata 82,41% dengan kategori sangat baik memperlihatkan efektifitasbahan ajar. Hasil proses keterampilan membaca sekilas rata-rata 82,89% dengankategori sangat baik, sedangkan rata-rata penilaian hasil 86,14 sehingga memenuhiKKM yaitu nilai ≥77. Dengan demikian, disimpulkan bahwa bahan ajar membacasekilas berbasis strategi KWL telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar; Membaca Sekilas; Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 20 Jan 2025 03:52
Last Modified: 20 Jan 2025 07:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item
View Item