Rahmatika, Helsa (2018) Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Biologi Berorientasi Inkuiri Terbimbing untuk Siswa Kelas VIII SMP Semester I. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_HELSA_RAHMATIKA_14031058_2839_2018.pdf [thumbnail of B1_03_HELSA_RAHMATIKA_14031058_2839_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_HELSA_RAHMATIKA_14031058_2839_2018.pdf
Download (12MB)
Abstract
Hakikat belajar ilmu sains bukan hanya mengingat dan memahami konsep yang ditemukan oleh ilmuwan, tetapi hal yang sangat penting adalah pembiasaan perilaku ilmuwan dalam menemukan konsep yang dilakukan melalui percobaan/ praktikum. Salah satu fasilitas praktikum adalah penuntun praktikum. Berdasarkan hasi observasi ditemukan beberapa permasalahan penuntun praktikum, diantaranya belum adanya buku penuntun yang khusus dalam melakukan praktikum IPA biologi dan pendekatan praktikum yang digunakan masih konvensional, sehingga langkah-langkah kerja ilmiah siswa masih belum tergambar secara keseluruhan. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian pengembangan penuntun praktikum berorientasi inkuiri terbimbing untuk siswa kelas VIII SMP Semester I. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp. Tahap pengembangan menggunakan model Plomp memiliki 3 fase yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau tahap pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket analisis respon siswa, angket analisis kebutuhan siswa, lembar self evaluation, lembar one to one evaluation, lembar small group evaluation, lembar uji validitas, dan lembar uji praktikalitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa penuntun praktikum berorientasi inkuiri terbimbing untuk siswa kelas VIII SMP Semester I. Produk penelitian dikategorikan sangat valid dari syarat didaktik, syarat konstruk, syarat teknis dan syarat bahasa dengan nilai rata-rata 3,40. Produk penelitian juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai ratarata 3,35 dan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan nilai rata-rata 3,73 dari aspek kemudahan penggunaan penuntun praktikum, alokasi waktu praktikum, kemudahan menginterpretasikan dan memiliki ekuivalensi dengan materi IPA biologi kelas VIII Semester I.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hakikat belajar ilmu sains, Percobaan/praktikum, Penuntun praktikum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:59 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6897 |