engaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMKN I Pekanbaru.

Nursawiyah, Nursawiyah (2013) engaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMKN I Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NURSAWIYAH_1109871_5317_2013.pdf] Text
B1_1_NURSAWIYAH_1109871_5317_2013.pdf

Download (869kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kemampuan awal terhadap hasil belajar
akuntansi siswa Kelas XI SMKN I Pekanbaru, melalui empat rumusan masalah:
(1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan
pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw dengan hasil belajar akuntansi siswa
yang diajar dengan konvensional?, (2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar
akuntansi siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi yang diajar dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan hasil belajar akuntansi siswa
yang diajar dengan konvensional?, (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar
akuntansi siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah yang diajar dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan hasil belajar akuntansi siswa
yang diajar dengan konvensional?, dan (4) Apakah terdapat interaksi strategi
pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar akuntansi siswa?.
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain treatment
block. Penelitian ini dilakukan di SMKN I Pekanbaru semester genap Tahun
2012/2013. Sampel diambil dengan teknik porposive random sampling. Data
penelitian dikumpulkan melalui tes akhir. Data dianalisis dengan uji t dan analisis
varian.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) perbedaan rata-rata
kemampuan awal dan rata-rata hasil belajar akuntansi pada kelompok eskperimen
dan kelompok kontrol secara bersamaan dapat dikatakan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberi pengaruh secara ordinal yakni ada
perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada hasil belajar akuntansi yang diajarkan
melalui pembelajaran konvensional, (2) perbedaan rata-rata kemampuan awal dan
rata-rata hasil belajar hasil belajar akuntansi pada kelompok eskperimen dan
kelompok kontrol memberi pengaruh secara ordinal yakni ada perbedaan hasil
belajar akuntansi siswa pengetahuan awal tinggi yang diajarkan dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pengetahuan awal tinggi lebih tinggi dari
pada hasil belajar akuntansi yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional,
(3) hasil belajar akuntansi siswa kelompok siswa yang pengetahuan rendah yang
diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada
hasil belajar akuntansi yang diajar melalui pembelajaran konvesional, dan (4)
terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan
pengetahuan awal terhadap belajar akuntansi yakni interaksi terjadi karena
variabel bebas memiliki efek yang berbeda terhadap variabel terikat

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:50
Last Modified: 22 Apr 2025 04:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6882

Actions (login required)

View Item
View Item