Pengembangan LKS Dilengkapi Contoh Mind Map pada Materi Fungi Untuk Siswa Kelas X Semester 1 SMA Berdasarkan Kurikulum 2006 (KTSP)

Ariani, Zulfia (2012) Pengembangan LKS Dilengkapi Contoh Mind Map pada Materi Fungi Untuk Siswa Kelas X Semester 1 SMA Berdasarkan Kurikulum 2006 (KTSP). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ZULFIA_ARIANI_84040_1149_2012.pdf] Text
B1_3_ZULFIA_ARIANI_84040_1149_2012.pdf

Download (12MB)

Abstract

Materi fungi merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh siswa, karena banyaknya materi yang dipelajari dan banyak istilah yang digunakan serta banyaknya konsep yang bersifat abstrak. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu media khusus untuk memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami materi fungi yaitu dengan memberikan LKS dilengkapi contoh mind map.LKS untuk materi fungi yang digunakan di sekolah masih sederhana dan hanya berisi ringkasan materi, dan soal yang berbentuk essay dan objektif, sehingga kurang optimal jika digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan LKS dilengkapi contoh mind map pada materi fungi yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan 3-D dari4-D modelsyang telah dimodifikasi yang terdiri dari 3 tahap yaitu, define, design, dan develop. Tahap define terdiri dari analisis kurikulum, analisis siswa, dan analisis tugas. Pada tahap design dilakukan perancangan LKS dilengkapi contoh mind map. Pada tahap develop dilakukan uji validitas oleh 6 orang validatordan uji praktikalitaas serta respons oleh tiga orang guru biologi dan 30 orang siswa kelas X SMA. Data ini dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil uji validitas LKS oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini valid ditinjau dari aspek didaktik, konstruksi dan teknis dengan nilai validitas (85,42). Hasil uji praktikalitas LKS oleh guru dan siswa menunjukkan bahwa LKS ini praktis ditinjau dari aspek kemudahan penggunaan dan efisiensi waktu pembelajaranan dengan niali praktikalitas oleh guru (87,22) dan siswa (86,33). Respon guru dan siswa terhadap LKS termasuk dalam kategori baik dengan (83,33) respon guru dan siswa (89,95). Hal ini menunjukkan bahwa LKS dilengkapi contoh mind mapyang dihasilkan sudah valid dan praktis, serta mendapat respons yang baik dari guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan LKS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:50
Last Modified: 22 Apr 2025 04:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6881

Actions (login required)

View Item
View Item