Using Cooperative Learning In Teaching Writing a Report Text to Junior High School Students

Syafitri, Dewi (2011) Using Cooperative Learning In Teaching Writing a Report Text to Junior High School Students. Bachelor/Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[thumbnail of B1_DEWI_SYAFITRI_72727_1789_2011.pdf] Text
B1_DEWI_SYAFITRI_72727_1789_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan menulis merupakan salah satu bagian yang penting dalam mempelajari Bahasa Inggris. Menulis merupakan suatu kegiatan bagi siswa untuk mencurahkan pikiran, pendapat, ide-ide maupun gagasannya. Siswa-siswa SMP diharapkan memiliki kemampuan menulis dalam bentuk teks, salah satunya yaitu report text. Namun disayangkan hal ini sangat sulit untuk dicapai. Ini disebabkan karena mereka sering kesulitan dalam menyampaikan ide-ide mereka dalam bentuk tulisan, keterbatasan kosa kata, dan penggunaan grammar yang belum tepat. Untuk membantu siswa dalam hal menulis, makalah ini mencoba untuk membahas salah satu model pengajaran menulis dalam Bahasa Inggris yaitu penggunaan “Cooperative Learning”. Dalam menggunakan model “Cooperative Learning” ini, guru membagi siswa dalam kelompok secara heterogen (bermacam ragam) tingkat kemampuan akademiknya. Maka dalam satu kelompok, terdapat siswa yang berkemampuan akademik tinggi, menengah dan rendah. Biasanya setiap kelompok terdiri dari empat orang. Selanjutnya guru memberi tugas kepada setiap kelompok untuk membuat sebuah esei report text. Dalam model ini, setiap anggota kelompok berbagi tugas dan bertanggung jawab atas tugasnya masing-masing. Setiap anggota kelompok memiliki ketergantungan satu sama lain dalam menyelesaikan tugas esei report text nya. Tanpa siswa B, esei report text kelompok tidak akan lengkap dan begitu juga tanpa siswa A, C dan D. Jadi, siswa dalam kelompoknya harus saling bekerja sama satu sama lain dan saling membantu anggotanya yang lemah. Dengan menerapkan model “Cooperative Learning” dalam pengajaran keterampilan menulis Bahasa Inggris, guru diharapkan dapat membantu kesulitan siswa dan meningkatkan motivasi siswa dalam menulis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:27
Last Modified: 04 Feb 2025 08:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item
View Item