Pengaruh Penggunaan LKS dalam Pembelajaran Kooperatif Teknik Beach Ball terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di SMP Negeri 2 Painan

Safitri, Mutia (2013) Pengaruh Penggunaan LKS dalam Pembelajaran Kooperatif Teknik Beach Ball terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di SMP Negeri 2 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MUTIA_SAFITRI_01839_1931_2013.pdf] Text
B1_3_MUTIA_SAFITRI_01839_1931_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran biologi di SMP Negeri 2 Painan adalah kurang efektifnya penggunaan LKS dalam proses pembelajaran dan dalam proses pembelajaran jarang menggunakan model pembelajaran yang dapat menarik perhatian dan mengaktifkan siswa. Salah satu upaya agar siswa selalu aktif dan termotivasi dalam belajar yaitu dengan cara menggunakan LKS dalam pembelajaran kooperatif teknik beach ball yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS dalam pembelajaran kooperatif teknik beach ball terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri 2 Painan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Painan yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 5 kelas, sedangkan sampel adalah kelas kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 34 buah yang telah diujicobakan. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan kriteria harga t hitung > t hipotesis kerja diterima dan sebaliknya. Berdasarkan rata- rata nilai kelas eksperimen yaitu 72, 90 dan rata-rata tabel kelas kontrol yaitu 65, 35. Uji hipotesis yang digunakan pada taraf nyata (α = 0,05) didapatkan harga t hitung sebesar 3,45 dan harga t sebesar 1,67 (3,45 > 1,67). Rata- rata nilai kelas eksperimen yaitu 72, 90 dan rata-rata kela kontrol yaitu 65, 35. Dengan demikian t hitung > t tabel tabel , yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif penggunaan LKS dalam pembelajaran kooperatif teknik beach ball terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri 2 Painan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS, Beach Ball, Belajar Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:50
Last Modified: 22 Apr 2025 04:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6879

Actions (login required)

View Item
View Item