Nurnaningsih, Nurnaningsih (2010) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NURNANINGSIH_51932_3687_2012.pdf [thumbnail of B1_1_NURNANINGSIH_51932_3687_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NURNANINGSIH_51932_3687_2012.pdf
Download (62kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) perbedaan hasil belajar
kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe TPS lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan
model konvensional dalam pembelajaran; (2) perbedaan hasil belajar kelompok siswa
dengan gaya belajar auditorial yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
koperatif tipe TPS lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diajar dengan
menggunakan model konvensional dalam pembelajaran; (3) perbedaan hasil belajar
kelompok siswa dengan gaya belajar kinestetik yang diajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diajar
dengan menggunakan model konvensional dalam pembelajaran; (4) interaksi
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipr TPS dan gaya belajar terhadap hasil
belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1
Bangkinang Barat yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa masing-masing kelas
sebanyak 36 orang. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik
Purposive Random Sampling. Dari pengacakan diperoleh kelas X.3 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol dan kelas X.1 sebagai kelas uji coba.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperimental Design dengan rancangan penelitian
desain Treatment by Factorial 2 x 2, dan diselenggarakan pada semester II tahun
pelajaran 2010/2011. Data dikumulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisi dengan
Uji-t dan Anava.
Hasil analisis data memperlihatkan bahwa : hasil belajar siswa dengan gaya
belajar auditorial dan kinestetik yang diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan
gaya belajar auditorial dan kinestetik yang diajar dengan model konvensional. Hasil
belajar kelompok siswa dengan gaya belajar auditorial yang diajar dengan model
kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan gaya belajar
auditorial yang diajar dengan model konvensional. Hasil belajar kelompok siswa
dengan gaya belajar kinestetik yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS lebih
tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan gaya belajar kinestetik yang diajar dengan
model konvensional. Kemudian hasil penelitian ini menunjukkan bhwa tidak terdapat
interaksi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan gaya belajar
dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:46 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6869 |