Agustin, Mutia (2022) Pengembangan Modul Berbasis Problem Solving pada Materi Protista untuk Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_MUTIA_AGUSTIN_17031065_623_2022.pdf [thumbnail of B1_3_MUTIA_AGUSTIN_17031065_623_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_MUTIA_AGUSTIN_17031065_623_2022.pdf
Download (5MB)
Abstract
Kurikulum 2013 menekankan pada pengembangan potensi peserta didik agar menjadi pelajar mandiri, sehingga memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif dan mampu menyelesaikan masalah (problem solving). Namun, kemampuan ini masih rendah dan perlu ditingkatkan, salah satunya melalui penggunaan media pembelajaran berupa modul. Pemilihan modul sebagai alternatif sumber belajar sejalan dengan tuntutan kurikulum yaitu mengutamakan keaktifan dan kemandirian peserta didik, mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Selain itu, menambahkan pendekatan yang menerapkan berpikir kritis dan pemecahan masalah dapat memaksimalkan fungsi modul. Pendekatan yang dimaksud adalah pendekatan problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) yang bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis problem solving pada materi protista untuk kelas X SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan 3 tahapan model pengembangan 4-D (four-D models) dari Thiagarajan yang telah dimodifikasi yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah 35 orang peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Baso. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh langsung dari subjek penelitian yaitu dua orang dosen validator dan satu orang guru beserta 35 orang peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki rata-rata nilai 94,83% dengan kriteria sangat valid oleh validator, baik dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Ditinjau dari aspek praktikalitas, modul yang dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 99,1%. Sedangkan berdasarkan penilaian peserta didik terhadap uji praktikalitas modul diperoleh nilai rata-rata 89,14% dengan kriteria praktis. Berdasarkan penelitian tersebut telah dihasilkan modul berbasis problem solving pada materi protista untuk kelas X SMA yang sangat valid dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Problem Solving, Materi Protista |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:44 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6860 |