David, David (2010) Efektivitas Penggunaan Metode Numbered Head Together Bermedia VCD dan Metode Think Pair Share Bermedia VCD dengan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Kelas VII SMP Kalam Kudus Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DAVID_10748_5016_2012.pdf [thumbnail of B1_1_DAVID_10748_5016_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DAVID_10748_5016_2012.pdf
Download (123kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran fisika dengan menggunakan metode Numbered Head
Together bermedia VCD dan metode Think Pair Share bermedia VCD, (2) perbedaan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika yang memiliki pengetahuan awal tinggi
yang diajar dengan menggunakan metode NHT bermedia VCD dan hasil belajar siswa
yang memiliki pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan menggunakan metode TPS
bermedia VCD, (3) perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika yang
memiliki pengetahuan awal rendah yang diajar dengan metode NHT bermedia VCD
dan hasil belajar siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang diajar dengan
menggunakan metode TPS bermedia VCD, (4) interaksi antara metode Numbered
Head together bermedia VCD dan metode Think Pair Share bermedia VCD dengan
pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan disain penelitian
Treatment by Block. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan
menggunakan uji-t dan ANAVA. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
Kalam Kudus Pekanbaru tahun ajaran 2009/2010 sebanyak empat kelas yang terdiri
dari kelas VII A, VII B, VII C dan VII D. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas
VII C dan VII D. Sampel penelitian diambil berdasarkan kesetaraan kemampuan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa dengan
metode Numbered Head Together bermedia VCD lebih tinggi dari pada hasil belajar
siswa dengan metode Think Pair Share bermedia VCD. Peningkatan hasil belajar ini
juga signifikan pada kelompok siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi dan
pengetahuan awal rendah pada masing-masing kelas eksperimen. Berdasarkan hasil
pada analisa data dapat disimpulkan bahwa tidak adanya interaksi antara penggunaan
metode pembelajaran dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran fisika di SMP Kalam Kudus Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:43 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6857 |