Yozana, Misi (2012) Penggunaan Mind Web untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_Misi Yozana (04952).pdf [thumbnail of B1_2_Misi Yozana (04952).pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_Misi Yozana (04952).pdf
Download (4MB)
Abstract
Ide penelitian ini diawali dari rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di sekolah. Faktor penyebabnya adalah siswa kurang mampu mengkonstruksi pengetahuannya untuk menemukan konsep dari materi pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang rendah dan keterbatasan siswa dalam menjawab soal-soallatihan. Untuk itu, dilakukan penelitian dengan menggunakan Mind Web. Rumusan masalah penelitian adalah “Apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan Mind Web lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMAN9 Padang?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design.Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI IPA SMAN 9 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2011/2012. Kelas sampel adalah kelas XI dan XI sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk memperoleh data digunakan tes akhir hasil belajar dan Mind Web. Pengumpulan data yang berupa tes akhir hasil belajar berupa soal essay, dimana soal-soal tersebut memuat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Data hasil tes akhir yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan Mind Web lebih tinggi daripada siswa yang pembelajarannya secara konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuanpemahaman konsep matematika siswa kelas XI IPA SMAN 9 Padang yang belajar dengan menggunakan Mind Web lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yangbelajar secara konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind map, Kemampuan pemahaman, Konsep matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:42 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6849 |