Nurma, Nurma (2013) Kontribusi Kompetensi Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Disiplin Guru di SD Negeri Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NURMA_19034_711_2014.pdf [thumbnail of B1_1_NURMA_19034_711_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NURMA_19034_711_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan dilapangan, teramati bahwa Pencapaian Disiplin
Kerja Guru di SD Negeri Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima
Puluh Kota belum optimal. Peneliti menduga motivasi kerja dan gaya
kepemimpinan Demokratis berkontribusi terhadap Guru SD di Kecamatan
Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota, oleh karena itu perlu diadakan
penelitian untuk menguji kebenarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi motivasi kerja
dan gaya kepemimpinan Demokratis terhadap disiplin kerja Guru di SD Negeri
Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Hipotesis yang
diuji dalam penelitian ini adalah : 1) Motivasi Kerja berkontribusi terhadap
Disiplin Kerja Guru SD, 2) Gaya kepemimpinan Demokratis berkontribusi
terhadap Disiplin kerja Guru SD, 3) Motivasi kerja dan Gaya Kepemimpinan
Demokratis bersama-sama berkontribusi terhadap Disiplin Kerja Guru SD.
Populasi penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Kecamatan Situjuah
Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota yang berstatus Pegawai Negeri Sipil
(PNS). Jumlah populasi sebanyak 178 orang sampel penelitian berjumlah 69
orang yang dipilih dengan menggunakan statified proportional random sampling.
Data penelitian dikumpulkan dengan agket model skala likertyang telah diuji
kesahihan dan kehandalannya. Data diuji denngan teknik korelasi dan regresi.
Data dianalisis dengan teknik korelasi dan rekresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) motivasi kerja berkontribusi
terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar sebesar 13,6%; 2) Gaya
Kepemimpinan Demokratis berkontribusi terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah
Dasar sebesar 8,2%; 3) Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Demokratis
berkontribusi secara bersama-sama terhadap disiplin kerja guru sebesar 19,4%.
Berdasarkan hasil analisis diskriptif terlihat bahwa motivasi kerja dan gaya
kepemimpinan demokratis sama-sama berada pada kategori sanagat baik,
sedangkan Disiplin kerja guru berada pada kategori baik
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:31 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6848 |