Pengaruh Penggunaan Metode Roll-Playing i Disertai Portofolio pada Materi Sistem Peredaran Darah terhadap Kompetensi Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Bukittinggi

Zaunit, Muthia Miranda (2014) Pengaruh Penggunaan Metode Roll-Playing i Disertai Portofolio pada Materi Sistem Peredaran Darah terhadap Kompetensi Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MUTHIA_MIRANDA_ZAUNIT_18376_1297_2014.pdf] Text
B1_3_MUTHIA_MIRANDA_ZAUNIT_18376_1297_2014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan peneliti di SMAN 1 Bukittinggi, yaitu metode ceramah masih mendominasi pembelajaran. Kompetensi yang dinilai dititikberatkan pada kompetensi kognitif dan lebih dari 50% siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang metode roll-playing yang menuntut partisipasi aktif siswa. Penggunaan metode ini disertai dengan sistem penilaian portofolio untuk menambah partisipasi siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan metode rollplaying disertai portofolio pada materi sistem peredaran darah terhadap kompetensi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Experiment Research) dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Bukittinggi. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana kelas eksperimen adalah XI IPA 1 dan kelas kontrol adalah XI IPA 3. Data penelitian meliputi tiga kompetensi belajar siswa, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Instrumen penilaian berupa lembar ulangan harian (multiple choice test), lembar penilaian afektif, lembar penilaian psikomotor, dan rubrik tugas gambar. Dari kegiatan penelitian diperoleh data penilaian kompetensi belajar siswa pada tiga ranah. Pertama, nilai rata-rata kognitif pada kelas ekperimen, yaitu 73,325 lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu 65,352. Kedua, nilai rata-rata afektif pada kelas ekperimen, yaitu 76,618 lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu 67,412. Ketiga, nilai rata-rata psikomotor pada kelas ekperimen, yaitu 84,412 lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu 69,265. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti pengaruh penggunaan metode roll-playing disertai portofolio pada materi sistem peredaran darah terhadap kompetensi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Roll-playing, Portofolio, Kognitif, Afektif, dan Psikomotor
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:25
Last Modified: 22 Apr 2025 04:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6844

Actions (login required)

View Item
View Item