Optimalisasi Peran Guru Pkn Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran di SMA Negeri 1 Panti

Helmi, Rosita (2013) Optimalisasi Peran Guru Pkn Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran di SMA Negeri 1 Panti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ROSITA_HELMI_13245_101_2014.pdf] Text
B1_3_ROSITA_HELMI_13245_101_2014.pdf

Download (922kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang menyebabkan belum optimalnya peran guru PKn dalam memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran serta melihat upaya yang dilakukan oleh guru PKn agar dapat memanfaatkan media pembelajaran dengan optimal dalam kegiatan pembelajaran di SMA N 1 Panti. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya peran guru PKn dalam memanfaatkan media pembelajaran. Guru masih jarang menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran PKn di SMA N 1 Panti sementara media pembelajaran telah tersedia lengkap di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan data primer dan sekunder, data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik model analisis interaktif, dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi oleh guru PKn dalam memanfaatkan media yaitu kurangnya keterampilan guru, fasilitas sekolah yang belum memadai, dana yang tidak mencukupi, waktu jam belajar PKn yang pendek. Upaya- upaya yang dilakukan oleh guru PKn agar dapat memanfaatkan media dengan optimal dalam kegiatan pembelajaran yaitu mengikuti kegiatan MGMP, mengikuti seminar tentang media pembelajaran, mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh sekolah dan guru juga berusaha sendiri untuk belajar dengan guru TIK atau dengan orang lain di luar lingkungan sekolah. Jika tidak memungkinkan guru menggunakan media berbasis teknologi, maka guru menggunakan media lain seperti gambar. Rekomendasi dari penulis adalah agar guru PKn bisa menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran dengan optimal agar siswa termotivasi dalam belajar. Penggunaan media dengan optimal akan membantu guru untuk mempermudah penyampaian materi pembelajaran kepada siswa. Sehingga dengan demikian, secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran PKn tersebut. Diharapkan adanya penelitian lanjutan dalam ruang lingkup yang lebih luas maupun materi bahasan yang lainnya dalam rangka mengoptimalkan peran guru dalam menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Peran Guru, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:25
Last Modified: 22 Apr 2025 04:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6843

Actions (login required)

View Item
View Item