Pengunaan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif dengan PAIKEM untuk Meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N 019 Kecamatan Pranap Kabupaten Indragiri Hulu.

Nurlasmi, Nurlasmi (2011) Pengunaan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif dengan PAIKEM untuk Meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N 019 Kecamatan Pranap Kabupaten Indragiri Hulu. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NURLASMI_51930_3681_2012.pdf] Text
B1_1_NURLASMI_51930_3681_2012.pdf

Download (133kB)

Abstract

Nilai IPA siswa SD N 019 peranap masih rendah, karena proses
pembelajaran dalam kelas belum optimal, kurangnya guru memotivasi siswa, serta
tingkat pemahaman guru pada mata pelajaran IPA masih rendah. Berbagai
masalah tersebut peneliti memberikan satu alternatif pembelajaran PAIKEM
untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengungkapkan: 1) Peningkatan aktivitas belajar IPA siswa kelas V SD
Negeri 019 Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu Riau dengan
penggunaan pendekatan pembelajaran Kooperatif dengan strategi PAIKEM, 2)
Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 019 Kecamatan Peranap
Kabupaten Indragiri Hulu Riau dengan penggunaan pendekatan pembelajaran
Kooperatif dengan strategi PAIKEM.
Penelitian ini dilakukan mengunakan penelitian tindakan kelas pada kelas
V. Penelitian berbentuk siklus yang dimulai dari Perencanaan, Pelaksanaan,
Observasi dan refleksi. Aktivitas belajar di ukur dengan pengamatan yang
dilakukan peneliti dan observer yang membantu jalannya penelitian selama
penelitian berlangsung, sedangkan hasil belajar di dapat dari tes yang diberikan
kepada peserta didik setelah menjalani pembelajaran. Hasil penelitian di sajikan
dengan teknik statistik sederhana.
Hasil analisis setelah penelitian penggunaan pendekatan pembelajaran
kooperatif dengan strategi PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA
siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri
Hulu Riau, pada hasil observasi setiap siklus, siswa di libatkan dalam
pembelajaran guru pada siklus I 49,69% hingga pada pertemuan ke lima terdapat
62,50% dan masuk pada kategori baik. Sedangkan pada hasil belajar siswa setelah
dilakukan post test pada siklus II masih terdapat lagi siswa yang belum tuntas
dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan metode pembelajaran PAIKEM dapat
meningkatakan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:25
Last Modified: 22 Apr 2025 04:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6842

Actions (login required)

View Item
View Item