The Implementation of Annotation Strategy in Teaching Reading Comprehension of Exposition Text at Senior High School

Ariansyah, Muthia Harahap (2013) The Implementation of Annotation Strategy in Teaching Reading Comprehension of Exposition Text at Senior High School. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MUTHIA_ARIANSYAH_HARAHAP_01611_938_2013.pdf] Text
B1_3_MUTHIA_ARIANSYAH_HARAHAP_01611_938_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang bertujuan untuk mengakses informasi. Oleh sebab itu, KTSP 2006 mengharapkan siswa Sekolah Menegah Atas untuk bisa mendapatkan pengetahuan dengan cara membaca. Tetapi, membaca bukanlah sebuah proses yang mudah, apalagi memahami teks yang bersifat informational, seperti teks exposition. Dimana dalam teks exposition penulis menggunakan kosakata khusus yang tidak familiar bagi siswa dan juga menggunakan gambar, diagram dan grafik untuk mendukung penjelasan teks. Hal ini mengharuskan siswa untuk dapat memperluas pengetahuannya, menguasai banyak kosakata, dan menerapkan strategi membaca. Makalah ini membahas tentang penggunaan Annotation strategi untuk membantu siswa dalam memahami bacaan. Annotation strategi adalah strategi yang membuat pembaca menjadi lebih aktif dalam memahami isi teks dengan cara memberikan tanda atau symbol pada ide pokok, ide pendukung, kata sulit, kata penghubung, definisi, dan kesimpulan. Lalu membuat kembali dengan bahasa sendiri setiap ide pokok dan ide pendukung. Sehingga siswa bisa menghasilkan teks baru dengan mengunakan bahasa mereka. Berdasarkan penjelasan di atas, penulis menyarankan agar guru Bahasa Inggris pada Sekolah Menegah Atas dapat menggunakan strategi ini untuk membantu siswa meningkatkan pemahaman mereka dalam membaca. Sehingga siswa akan lebih tertarik untuk belajar, aktif, dan juga dapat meningkatkan keterampilannya dalam berbahasa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Annotation Strategy, Exposition Text
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:24
Last Modified: 22 Apr 2025 04:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6839

Actions (login required)

View Item
View Item