Wirnanda, Ade (2017) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Lectora Inspire Untuk Pramuka Tingkat Penggalang di Gugus Depan SMP Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ADE_WIRNANDA_1204688_654_2017(Autosaved).pdf [thumbnail of B1_03_ADE_WIRNANDA_1204688_654_2017(Autosaved).pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ADE_WIRNANDA_1204688_654_2017(Autosaved).pdf
Download (3MB)
Abstract
Proses pembelajaran pada perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologisemakin mendorong pendidik untuk dapat melakukan inovasi pembelajaranmelalui pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar pesertadidik, dimana peserta didik cenderung tidak aktif dan kurang termotivasi di dalamproses pembelajaran mengenai materi kepramukaan yang berupa teori. Penelitianini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif menggunakanSoftware Lectora Inspire untuk Kepramukaan tingkat Penggalang yang valid danpraktis sehingga layak untuk digunakan dalam proses pendidikan kepramukaan.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal denganistilah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan modelpengembangan 4-D. Adapun prosedur pengembangan dari penelitian ini terdiridari atas empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), Tahap Perancangan(design), tahap pengembangan (developement) dan tahap Penyebaran(Disseminate). Uji validitas produk dilakukan oleh empat validator yaitu duavalidator ahli materi dan dua validator ahli media. Uji coba produk dilakukansecara individual melalui kelompok kecil kepada delapan orang anggota pramukapenggalang, dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yangdikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembaran angket,dokumentasi dan format penilaian. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatifuntuk mengetahui kualitas produk multimedia yang dihasilkan.Hasil uji validitas produk untuk aspek materi berada pada kategori “SangatBaik” dengan persentase yang diperoleh sebesar 94,7% dan untuk aspek mediaberada pada kategori “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh sebesar92%. Selanjutnya, untuk hasil uji kepraktisan produk yang telah dilakukan beradapada kategori“Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh sebesar 93%.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk multimedia interaktif yangdikembangkan secara keseluruhan berada pada kategori “Sangat Baik” denganpersentase yang diperoleh sebesar 93,7%. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa produk multimedia interkatif ini layak untuk digunakan dalam prosespendidikan kepramukaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia interaktif, Software lectora inspire, Kepramukaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:24 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6834 |