Amanza, Hasna Mirda (2018) Keterlaksanaan Proses Pembelajaran Biologi oleh Guru pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri se-Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_HASNA_MIRDA_AMAZAN_14031077_4063_2018.pdf [thumbnail of B1_03_HASNA_MIRDA_AMAZAN_14031077_4063_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_HASNA_MIRDA_AMAZAN_14031077_4063_2018.pdf
Download (9MB)
Abstract
Kurikulum 2013 menuntut keseimbangan antara kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan bagi peserta didik, untuk merealisasikannya guru adalah salah satu tenaga kependidikan, bertanggung jawab dalam pelaksanaan dan keberhasilan proses pembelajaran biologi pada kurikulum 2013. khususnya pada standar proses dan standar penilaian. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitianinibertujuanuntukmengetahui sejauh mana keterlaksanaan proses pembelajaran biologi oleh guru pada kurikulum 2013 di SMA Negeri seKabupaten Pesisir Selatan Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran biologi pada kurikulum 2013.Populasidansampeldari penelitianiniadalahseluruhguru yang mengajar biologi di SMA Negeri se-Kabupaten Pesisir Selatan, yang dilaksanakan pada bulan juli 2018. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling. Pengumpulan data menggunakaninstrumen angket yang terdiri dari standar proses, standar penilaian dan dampak kurikulum 2013 bagi peserta didik dan guru di sekolah. Data dianalisis menggunakan teknik teknik persentase dan dibuat sesuai deskripsi sub variabel Hasil penelitian mengungkapkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran biologi oleh guru pada kurikulum 2013 di SMA Negeri seKabupaten Pesisir Selatan. 1. Keterlaksanaan standar proses terhadap kurikulum 2013 yaitu 85.5% dengan kriteria baik. 2. Keterlaksanaan standar penilaian terhadap kurikulum 2013 yaitu 80.1% dengan kriteria baik. 3. Dampak kurikulum 2013 bagi guru yaitu 82% dengan kriteria baik, sedangkan dampak kurikulum 2013 bagi peserta didik yaitu 80% dengan kriteria baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterlaksanaan,, Standar Proses, Standar Penilaian, kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:24 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6829 |