Pengembangan Media Video Tutorial Interaktif Pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas XII SMA

Putra, Mulyadi (2014) Pengembangan Media Video Tutorial Interaktif Pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas XII SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MULYADI_PUTRA_11711_3138_2014.pdf] Text
B1_3_MULYADI_PUTRA_11711_3138_2014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru dituntut lebih profesional dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya, peningkatan kualitas tersebut dapat dilakukan dalam penggunaan media sebagai solusi dari masalah yang dihadapi dalam pembelajaran, seperti kurangnya minat siswa dan keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah untuk pembelajaran TIK sehingga dari masalah tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan media video tutorial interaktif dalam bentuk media yang valid sesuai dengan kriteria kelayakan evaluasi dan media serta menghasilkan media video tutorial yang praktis pada mata pelajran TI&K. Penelitia ini adalah pengembangan yang menggunakan four-D models yang terdiri dari tahap pendefinisian (difine), perancangan (disign), pengembangan (develop) dan penyebaran(disseminate). Namun pada penelitian ini tidak dilakukan tahap disseminate. Tahap define terdiri atas analisis kurikulum, siswa dan media. Pada tahap disign dilakukan perancangan terhadap media video tutorial interaktif. Tahap develop bertujuan untuk menghasilkan media video tutorial interaktif yang valid dan praktis yang dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu validasi oleh 4 orang validator,revisi media dan uji praktikalitas media video tutorial interaktif terhadap 29 orang siswa kelas VIII IPS satu dan 1 orang guru TI&K SMA N 2 Padang Panjang. Untuk mengumpulkan data digunakan angket uji validitas dan kepraktisan. Selanjutnya, data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis berdasarkan hasil angket penilaian media dari para ahli media dan materi serta siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa media video tutorial interaktif yang dikembangkan berada kategori sangat baik dan memiliki jumlah rerata skor sebesar 4,74 (skor maksimum 5). Aspek isi materi program termasuk dalam kategori sangat baik jumlah rerata skor sebear 4,79 (skor maksimum 5). Kualitas tampilan program termasuk dalam kategori sangan baik jumlah rerata skor sebesar 4,7 (skor maksimum 5), dan nilai praktikalitas dengan kategori sangat baik jumlah rerata skor sebesar 4,75 (skor maksimum 5). Hasil tersebut menunjukkan bahwa media video tutorial interaktif ini layak digunakan sebagai sumber belajar dan media alternatif dalam memecahkan masalah TI&K di SMA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Video Tutorial Interaktif, TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:59
Last Modified: 22 Apr 2025 03:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6824

Actions (login required)

View Item
View Item