Improving Teenage Students’ Speaking Ability by Retelling Animation Movies in English Course Institutions

Natasani, Dewi (2011) Improving Teenage Students’ Speaking Ability by Retelling Animation Movies in English Course Institutions. Bachelor/Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[thumbnail of B1_DEWI_NATASANI_77050_1424_2011.pdf] Text
B1_DEWI_NATASANI_77050_1424_2011.pdf

Download (221kB)

Abstract

Di sebagian besar daerah di Indonesia, bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang diajarkan mulai dari Sekolah Dasar. Bahkan, di kota-kota besar bahasa Inggris diperkenalkan semenjak Taman Kanak-kanak. Meskipun demikian, masih banyak siswa Indonesia yang lemah berbicara dalam bahasa Inggris. Berbicara merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting yang harus dikuasai untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris terutama di era global seperti saat sekarang ini. Dalam berbicara siswa harus mempunyai ide, kosakata yang banyak, mempertimbangkan pemilihan dan struktur kata serta cara pengucapan dan intonasi yang benar. Untuk mencapai dan meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara haruslah dengan menggunakan strategi pengajaran yang tepat dan menarik. Retelling animation movies adalah sebuah strategy yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Dalam kegiatan Retelling ini, guru menampilkan sebagian film animasi dalam bahasa Inggris yang telah dipilih sebelumnya dan meminta siswa memahami serta menceritakan kembali alur cerita yang terdapat pada film animasi dalam bahasa Inggris. Animation movies dipilih sebagai media dari strategi retelling karena sebagian besar film animasi mempunyai pengucapan dan intonasi yang jelas, gambar yang menarik, kosa kata yang sangat dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dan sesuai dengan usia siswa yang masih remaja sehingga jauh dari pornografi. Dengan menerapkan strategi ini siswa dapat termotivasi dalam belajar karena strategi dan media yang digunakan sangat menarik dan sesuai dengan usianya. Selain itu, dengan adanya retelling animation movies, siswa dapat melatih dan meningkatkan kemampuan berbicaranya dalam bahasa Inggris. Strategi ini juga akan melatih siswa dalam memahami alur cerita. Dalam penerapannya, strategi ini dapat diterapkan di tempat-tempat kursus bahasa Inggris pada level intermediate.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:22
Last Modified: 04 Feb 2025 08:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item
View Item