Syahputra, Ade Surya (2018) Strategi Marketing Politik Calon Independen dalam Meraih Kemenangan pada Pilkada Walikota Bukittinggi Tahun 2015. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ADE_SURYA_SYAHPUTRA_1302146_904_2018.pdf [thumbnail of B1_03_ADE_SURYA_SYAHPUTRA_1302146_904_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ADE_SURYA_SYAHPUTRA_1302146_904_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini menggambarkan strategi marketing politik calon independendalam memenangkan pilkada walikota Bukittinggi tahun 2015. Kemenangancalon independen merupakan sesuatu yang jarang terjadi dalam Pilkada. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengambarkan strategi marketing politik yangdilakukancalonindependenM.Ramlan Nurmantias-Irwandi dalammemenangkan pilkada Bukittinggi pada tahun 2015.Jenis penelitian ini adalah kualitatifdengan pendekatan deskriptif.Pemilihan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Jenis dataterdiri dari data primer dan data sekunder, dikumpulkan melalui wawancara danstudi dokumentasi. Uji keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber.Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian datadan penarikan kesimpulan.calonHasil penelitian menunjukan bahwa strategi marketing politik yangdilakukanindependenM.Ramlan Nurmantias-Irwandi dalammemenangkan Pilkada Bukittinggi tahun 2015 dengan melakukan strategiSegmentasi, Positioning dan Targeting.strategi segmentasi geografik dilakukanpemetaan terhadap jumlah penduduk yang ada di setiap kecamatan di Bukittinggidan pemetaan terhadap wilayah yang menjadi basis suara dari pemilihan walikotaperiode yang lalu, yaitu Pilkada 2010. Kemudian segmentasi demografik dalamhal ini strategi yang dilakukan tim sukses M. Ramlan Nurmantias – Irwandi yaitudengan memanfaatkan kehadiran dan peran dari kelompok kelompok simpatisanyang berasal dari kelompok masyarakat yang telah di segmentasi. Strategitargeting dilakukan dengan merangkul tokoh tokoh masyarakat dan kelompok masyarakat berdasarkan segmen yang telah ditentukan untuk dijadikan sebagaitim sukses dan juga sebagai kelompok simpatisan Strategi positioning dilakukandengan menonjolkan diri sebagai calon Independen, menonjolkan visi misi danprogram serta menonjolkan image,track record dan figurd dari pasangan Ramlan Nurmantias – Irwandi
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi marketing politik, Calon independen, Pilkada walikota bukittinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:23 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6816 |