Filia, Filia (2018) Penerapan Constructivist Learning Approach untuk Meningkatkan Respon Siswa dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 23 Ujung Gurun. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_FILIA_16124025_6728_2019.pdf [thumbnail of B1_1_FILIA_16124025_6728_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_FILIA_16124025_6728_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini disebabkan oleh tidak banyaknya siswa yang mau bertanya,
menanggapi dan mengemukakan gagasan dalam proses pengajaran pelajaran IPA.
Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan
Constructivist Learning Approach.
Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan peningkatan respon siswa dan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 23 Ujung Gurun
Padang dengan menerapkan Constructivist Learning Approach. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 Orang.
Data penelitian diperoleh dari respon belajar dan hasil belajar siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa peningkatan respon belajar siswa dari siklus I ke
siklus II yaitu sebesar 11.65%. Dan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I
ke siklus II yaitu sebesar 10.25%. Dapat disimpulkan bahwa Constructivist
Learning Approach dapat meningkatkan respon belajar siswa dan hasil belajar
siswa. Sehingga Constructivist Learning Approach dapat membangun
pemahaman baru bagi siswa
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:58 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6809 |