Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata bagi Anak Lambat Bel: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas SDN 14 Koto Panjang Kec. Pauh Padang

Misdar, Misdar (2013) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata bagi Anak Lambat Bel: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas SDN 14 Koto Panjang Kec. Pauh Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_MISDAR_56621_1082_2012.pdf] Text
B1_2_MISDAR_56621_1082_2012.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan di lapangan masih rendahnya kemampuan anak dalam membaca. Anak sudah mengenal dan bisa membaca huruf abjad A-Z. Namun kalau digabung menjadi kata, anak sering menukar huruf atau menghilangkan hurufnya sehingga katanya menjadi salah. Untuk itu peneliti menggunakan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Dengan demikian, pada penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca kata dengan menggunakan kartu kata dan 2) membuktikan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak lambat belajar di kelas I SD No. 14 Koto Panjang Pauh Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (action research) yang berkolaborasi dengan teman sejawat. Subjek penelitian adalah tiga orang anak lambat belajar (I, G dan Iq) dan satu orang guru. Data dikumpulkan melalui tes lisan dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca kata melalui media kartu kata dilakukan dua siklus. Siklus I dan siklus II dilakukan enam (6) kali pertemuan. Masing-masing siklus diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan (kegiatan awal, inti dan akhir), observasi, analisis dan dan refleksi. 2) Hasil dari pembelajaran membuktikan bahwa kemampuan membaca kata anak meningkat. Hal ini terbukti: hasil asessmen kemampuan membaca kata yang berkonsonan [b, p] I memperoleh (20%), G (10%) dan Iq adalah (15%). Setelah pembelajaran dengan media kartu kata pada siklus I kemampuan I menjadi (100%), G (85%) dan Iq (95%). Di samping itu kemampuan I membaca kata yang berkonsonan [d] saat asessmen (20%), G (15%) dan Iq (15%). Setelah pembelajaran dengan kartu kata pda siklus II kemampuan I juga (100), G (90%) dan Iq (100%). Disimpulkan bahwa media kartu kata meningkatkan kemampuan membaca anak lambat belajar. Disarankan pada pihak sekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, Media kartu kata, Anak lambat bel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:23
Last Modified: 25 Apr 2025 01:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6807

Actions (login required)

View Item
View Item