Ms, Zul Fadhillah (2013) Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Dilengkapi Teka-Teki Silang tentang Materi Gerak pada Tumbuhan untuk Siswa Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_ZUL_FADHILLAH_MS_96853_5908_2013.pdf [thumbnail of B1_3_ZUL_FADHILLAH_MS_96853_5908_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_ZUL_FADHILLAH_MS_96853_5908_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Dunia pendidikan tidak terlepas dari suatu proses pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa. Salah satu tugas seorang guru adalah mampu membuat media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru salah satunya adalah bahan ajar. Bahan ajar merupakan bagian dari sumber belajar yang digunakan untuk membantu guru dalam pembelajaran, tujuannya agar informasi yang ingin disampaikan oleh guru bisa diterima dengan jelas oleh siswa. Bahan ajar bisa berupa handout, modul dan buku saku. Masalah yang ada di SMPN 2 Pariaman adalah belum terdapatnya bahan ajar berupa modul. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian pengembangan modul berbasis kontekstual dilengkapi TTS tentang materi gerak pada tumbuhan untuk siswa kelas VIII SMP yang valid dan prakis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan 3 tahap dari model 4-D, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate. Namun dalam penelitian ini tahap disseminate tidak dilakukan. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 6 orang validator, untuk praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru dan 32 siswa SMPN 2 Pariaman. Data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari angket validitas dan angket praktikalitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa modul berbasis kontekstual dilengkapi TTS tentang materi gerak pada tumbuhan untuk siswa kelas VIII SMP. Hasil validasi modul ini dengan nilai rata-rata 88,75% dikategorikan valid, sedangkan nilai rata-rata gabungan dari hasil praktikalitas oleh guru dan siswa 90,52% dikategorikan sangat praktis. Dengan demikian disimpulkan bahwa modul berbasis kontekstual dilengkapi TTS tentang materi gerak pada tumbuhan yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul Berbasis Kontekstua |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:58 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6806 |