Mukhlas, Mukhlas (2015) Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas VIII SMP Negeri 35 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_MUKHLAS_17970_4832_2015.pdf [thumbnail of B1_3_MUKHLAS_17970_4832_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_MUKHLAS_17970_4832_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Sebagian siswa di SMP Negeri 35 Padang kurang perhatian terhadap pelajaran, guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Sejarah. Agar perhatian siswa terfokus kepada materi pelajaran, maka digunakan media dalam bentuk Video pembelajaran. Media ini berbentuk film dokumenter yang bisa membimbing siswa saat memahami materi. Untuk melihat apakah penggunaan Video pembelajaran ini berhasil, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di kelas VIII SMP Negeri 35 Padang. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kuantitatif kuasi eksperimen dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan video pembelajaran pada kelas eksperimen dan pembelajaran biasa atau konvensional pada kelas kontrol menggunakan buku cetak dan papan tuli. Siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Padang dengan sampel purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII.2 kelompok eksperimen dan VIII.4 kelompok kontrol. Data hasil belajar diperoleh melalui tes dengan 40 butir soal. Soal yang diujikan tersebut berbentuk objektif dengan empat pilihan jawaban. Kemudian data selanjutnya dianalisis uji-t yang sebelumnya diuji normalitas sampel menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata – rata kelompok eksperimen sebesar 82,03 lebih tinggi dari rata – rata kelompok kontrol sebesar 67,97. Dari analisis uji-t diperoleh t- hitung > t- i tabel = 6,57 > 2,00 dengan a 0,05. Maka disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan media video dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas VIII. 4 pada mata pelajaran Sejarah di SMP Negeri 35 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video, Hasil Belajar |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:43 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6798 |