Anding, Muhu Kula (2016) Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Kelas X TITL 2 di SMKN 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_MUHU_KULA_ANDING_1209015_3998_2016.pdf [thumbnail of B1_3_MUHU_KULA_ANDING_1209015_3998_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_MUHU_KULA_ANDING_1209015_3998_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar persentase ketuntasan siswa kelas TITL 2 di SMKN 1 Pariaman pada mata pelajaran (MRL) pada Kompetensi Dasar Menganalisis Rangkaian Listrik Arus Bolak- Balik (AC) yaitu kurang dari 50%. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa adalah model pembelajaran. Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa, maka dilakukan penelitian pembelajaran menggunakan media interaktif yang merupakan pembelajaran yang menekankan siswa lebih aktif belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar MRL dengan penerapan multimedia pembelajaran media interaktif Kelas X TITL 2 SMKN 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X T I T L 2 SMK Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 42 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) berupa soal pilihan ganda. Sebelum soal tes digunakan dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda soal tersebut. Setelah dilakukan validasi soal, reliabilitas soal, taraf kesukaran soal, dan daya pembeda soal didapat soal pilihan ganda pretest sebanyak 30 item dan soal posttest sebanyak 30 item yang digunakan sebagai soal tes dalam penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Gain Score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil nilai pretest dan posttest. Rata-rata nilai pretest sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 72,35 dan rata-rata nilai posttest setelah menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 82,26. Dari perhitungan Gain Score terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan kategori sedang yaitu 0,358. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL2 SMK Negeri 1 Pariaman pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Multimedia Pembelajaran Interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:42 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6792 |