Pengaruh Laerning Cycle (LC 5E) dengan Menggunakan LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP N 1 VII Koto Sungai Sarik

Zikriati, Zikriati (2013) Pengaruh Laerning Cycle (LC 5E) dengan Menggunakan LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP N 1 VII Koto Sungai Sarik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ZIKRIATI_01186_1383_2013.pdf] Text
B1_3_ZIKRIATI_01186_1383_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik, yaitu hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran TI&K masih rendah, siswa kurang tertarik, siswa kurang bersemangat dalam belajar, dan siswa malu mengeluarkan pendapat. Hal ini disebabkan guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran dan jarang menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Learning Cycle 5E dengan menggunakan LKS pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K). Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen guna melihat perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik yang berjumlah 263 orang yang terdiri dari 8 kelas, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VII 4 dengan jumlah 35 orang (kelas eksperimen) dan VII 5 berjumlah 35 orang (kelas kontrol). Data diperoleh dari hasil tes tertulis yang berupa soal objektif berjumlah 40 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t (t-test), yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,87 dengan standar deviasi yang diperoleh 10,47 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 71,99 dengan standar deviasi yang diperoleh 10,42. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t hitung 2,427 sedangkan t tabel pada taraf kepercayaan α 0,05 adalah 2,000, sehingga t hitung > t tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Learning Cycle dengan memanfaatkan LKS berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VII SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Laerning Cycle
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:42
Last Modified: 22 Apr 2025 03:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6789

Actions (login required)

View Item
View Item