Putri, Desni Triana Eka (2011) Using Snowball Throwing to Help Junior High School Students to Comprehend a Narrative Text. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
![B1_DESNI_TRIANA_EKA_P_77084_1676_2011.pdf [thumbnail of B1_DESNI_TRIANA_EKA_P_77084_1676_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_DESNI_TRIANA_EKA_P_77084_1676_2011.pdf
Download (434kB)
Abstract
Membaca merupakan salah satu bagian terpenting dalam pengajaran Bahasa Inggris. Tujuan dari pengajaran keterampilan membaca ini adalah untuk membantu siswa mendapatkan berbagai macam informasi dan pengetahuan. Kurikulum yang saat ini digunakan di Indonesia mengharuskan siswa SMP kelas II memiliki kemampuan memahami narrative text dan beberapa jenis teks lainnya. Dilihat dari language feature dan generic structurenya, narrative text adalah jenis teks yang sederhana. Namun pada kenyataannya siswa SMP kelas II masih mengalami kesulitan dalam memahami teks ini. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya vocabulary yang dimiliki siswa dan strategi yang dipakai oleh guru dalam mengajar keterampilan membaca ini. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis menggunakan strategi pembelajaran Snowball Throwing. Dalam strategi ini, guru terlebih dahulu menjelaskan materi yang akan dipelajari kemudian guru membagi siswa dalam kelompok. Setelah itu, guru memberikan satu buah narrative text untuk setiap siswa. Setiap siswa diminta untuk menulis sebuah pertanyaan. Kemudian siswa diberikan satu lembar kertas untuk menuliskan pertanyaan apa saja yang berhubungan dengan teks yang telah dibaca dalam kelompok dan kertas tersebut dibuat seperti bola kemudian dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama lebih kurang 5 menit. Setelah itu, siswa yang mendapatkan satu bola / satu pertanyaan diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas tersebut secara bergantian sehingga siswa-siswa yang kurang memahami isi teks bisa memahami teks yang dibacanya. Kemudian guru membuat kesimpulan tentang materi dan hasil diskusi seluruh kelompok tersebut. Melalui penerapan strategi Snowball Throwing penulis berharap dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dan bisa memahami teks secara cepat. Penulis juga berharap guru biasa menggunakan model pembelajaran ini dalam pengajaran membaca khususnya narrative text berdasarkan prosedur yang telah disediakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 07:17 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 07:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/678 |