Sari, Ade Avenia (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Focusky Presenter Maker Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ADE_AVENIA_SARI_1304778_1350_2018.pdf [thumbnail of B1_03_ADE_AVENIA_SARI_1304778_1350_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ADE_AVENIA_SARI_1304778_1350_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan sebagai upaya dalammemecahkan masalah belajar siswa, dengan adanya media pembelajaranmenggunakan aplikasi focusky presenter maker ini dapat membantu antusiassiswa dalam belajar. Media Pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif untukmengurangi permasalahan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untukmenghasilkan produk pada mata pelajaran IPS kelas VII serta mengetahui kualitaskevalidan dan praktikalitas dari produk yang dikembangkan sehingga layakdigunakan dan valid.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal denganistilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembanganBorg and Gall. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pengembangan Produk Awal, (3) ValidasiProduk,( 4) Uji Coba, dan (5) Produk Akhir. Uji validitas produk dilakukan oleh 4validator yaitu 2 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Ujipraktikalitas dilakukan kepada 30 orang siswa kelas VII5 di SMP Negeri 16Padang.Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari guru bidang studi dan ahlimedia yakni, hasil validasi dari dua ahli materi sudah dikategorikan “valid”dengan skor yang mendominasi 4 dan 5. Sedangkan hasil akhir validasi dari duaahli media sudah dikategorikan “valid” dengan skor yang mendominasi 4 dan 5.Pada hasil uji praktikalitas produk media pembelajaran berada pada rata-rata 4,73kategori “Sangat Praktis”. Selanjutnya uji efektifitas diperoleh thitung = 9,42sedangkan ttabel dengan df = 30 pada taraf signifikan α 0,05 = 2,045. Maka dapatdiketahui nilai thitung lebih besar dari ttabel (9,42 > 2,045). Berdasarkan hasil tersebutdapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan aplikasi focuskypresenter maker pada mata pelajaran IPS kelas VII pada materi yangdikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Aplikasi focusky presenter maker |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:40 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6775 |