Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Permainan Monopoly Pada Materi Invertebrata Kelas X SMA

Rivan, Muhammad (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Permainan Monopoly Pada Materi Invertebrata Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MUHAMMAD_RIVAN_05004_1963_2015.pdf] Text
B1_3_MUHAMMAD_RIVAN_05004_1963_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan media pembelajaran yang semakin pesat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Ketertarikan siswa terhadap permainan atau game dijadikan latar belakang pembuatan media pembelajaran dalam bentuk permainan monopoly. Dengan pengembangan media pembelajaran permainan monopoly ini siswa dapat belajar secara mandiri dan dapat membantu pemahaman siswa terhadap materi dengan cara belajar sambil bermain. Berdasarkan hal tersebut maka telah dilakukan penelitian pengembangan dengan tujuan menghasilkan pengembangan permainan monopoly pada materi invertebrata yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan four-D models yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Namun, pada penelitian ini tidak dilakukan tahap disseminate. Tahap define terdiri atas analisis kurikulum, siswa dan media. Pada tahap design dilakukan perancangan media permainan monopoly. Pada tahap develop dilakukan uji validasi oleh 5 orang validator, revisi media permainan monopoly dan uji praktikalitas media permainan monopoly terhadap 20 orang siswa kelas X dan 2 orang guru SMAN 3 Payakumbuh. Untuk pengumpulan data digunakan angket uji validitas dan praktikalitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka telah dihasilkan permainan monopoly pada materi invertebrata untuk SMA kelas X yang valid dan praktis. Hasil validitas yang diperoleh adalah 94.00% dengan kategori sangat praktis, sedangkan nilai praktikalitas permainan monopoly oleh siswa dan guru adalah 88.75% dan87.5 % dengan kategori praktis. Jadi media permainan monopoly dapat digunakan dalam waktu pembelajaran dan belajar kelompok dirumah atau belajar sambil bermain untuk pengayaan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Monopoly, Biologi, Materi Invertebrata
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:40
Last Modified: 22 Apr 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6771

Actions (login required)

View Item
View Item