Kusumawardani, Deby (2012) Pangaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DEBBY_KUSUMA_WARDANI_52885_6843_2012.pdf [thumbnail of B1_1_DEBBY_KUSUMA_WARDANI_52885_6843_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DEBBY_KUSUMA_WARDANI_52885_6843_2012.pdf
Download (662kB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1
Bangko Kabupaten Rokan Hilir, ditemukan bahwa siswa kurang serius. belajar
siswa Ekonomi, mereka tidak aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan
hasil belajar mereka tidak memuaskan, oleh karena itu, peneliti mencoba
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk menyelesaikan
hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan pengaruh
penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih tinggi daripada
kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil
belajar ekonomi, (2) perbedaan pengaruh hasil belajar ekonomi kelompok siswa
yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar model pembelajaran kooperatif
tipe STAD lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki motivasi
belajar tinggi yang diajar dengan pembelajaran konvensional; dan (3) perbedaan
pengaruh hasil belajar ekonomi kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar
rendah yang diajar model pembelajan kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada
hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan
pembelajaran konvensional.
Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada semester dua tahun ajaran
2011/2012, populasi diambil dari siswa kelas XI IPS dengan menggunakan teknik
pengambilan sampel secara random terpilih kelas XI IPS 1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI IPX 2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan
memberikan tes angket motivasi belajar untuk menentukan siswa dengan motivasi
belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dan tes akhir untuk hasil belajar siswa.
Hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih
tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran konvesional; (2) hasil belajar siswa yang bermotivasi belajar tinggi
yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang yang diajar dengan model pembelajaran
konvensional; (3) hasil belajar siswa yang bermotivasi belajar rendah yang diajar
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari
hasil belajar siswa yang yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif digunakan untuk meningkatkan hasil
pembelajaran siswa dalam mata pelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:25 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6768 |