Saputra, Romi (2013) Perbedaan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TI&K yang Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Tipe STAD di Kelas VII SMP N 2 Kapur IX. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_ROMI_SAPUTRA_03993_1387_2013.pdf [thumbnail of B1_3_ROMI_SAPUTRA_03993_1387_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_ROMI_SAPUTRA_03993_1387_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilihat dari kenyataan yang ditemui di sekolah bahwa pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) berjalan satu arah yang masih berpusat kepada guru yang mengakibatkan siswa menjadi pasif sehingga hasil belajar siswa belum memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas VII SMP N 2 Kapur IX. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif menggunakan quasy experiment, populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Kapur IX yang terdaftar pada semester 1 tahun ajaran 2012/2013. Sedangkan sampel dalam penelitian ini kelas VII 1 (32 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII (32 siswa) sebagai kelas kontrol. Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa, kemudian data diolah dengan uji perbedaan (ttest). Berdasarkan analisis hasil belajar, diperoleh nilai rata–rata siswa kelas VII yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu 78,91 dan nilai rata-rata siswa kelas VII yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu 73,91. Dari perhitungan uji t (t-test) didapat t 3 2,092 pada taraf kepercayaan 0,05 pada t tabel 2,000 dengan demikian t (2,092 > 2,000). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K yang signifikan melalui penggunaan strategi pembelajaran kooperatif Tipe NHT dengan Tipe STAD di kelas VII SMP N 2 Kapur IX. hitung 3 hitung > t 1 tabel
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perbedaan, NHT, STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:40 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6767 |