Kontribusi Prokrastinasi Akademik dan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Pertiwi 1 Padang serta Implikasinya dalam Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Miswanto, Miswanto (2016) Kontribusi Prokrastinasi Akademik dan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Pertiwi 1 Padang serta Implikasinya dalam Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_MISWANTO_14151011_004_2017.pdf] Text
B1_01_MISWANTO_14151011_004_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang prestasi belajar rendah. Prokrastinasi akademik dan kedisiplinan diduga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) prokrastinasi akademik, kedisiplinan dan prestasi belajar siswa, (2) kontribusi prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar siswa, (3) kontribusi kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa, (4) kontribusi prokrastinasi akademik dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa, dan (5) program BK kelas XI dan XII SMA Pertiwi 1 Padang tahun Ajaran 2016/2017 dalam mengurangi prokrastinasi akademik dan meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan deskriptif korelasional dan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Pertiwi 1 Padang, teknik penarikan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Informan dalam pendekatan kualitatif yaitu guru BK. Instrumen yang digunakan dalam pendekatan kuantitatif yaitu kuesioner dan instrumen dalam pendekatan kualitatif adalah peneliti. Data penelitian kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi linier sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) gambaran prokrastinasi akademik, prestasi belajar siswa berada pada kategori sedang, dan kedisiplinan siswa berada pada kategori tinggi, (2) terdapat kontribusi negatif yang signifikan
prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar siswa, (3) terdapat kontribusi positif yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa, (4) terdapat kontribusi prokrastinasi akademik dan kedisiplinan secara bersama-sama yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dan (5) materi yang berkaitan dengan mengurangi prokrastinasi akademik, dan meningkatkan kedisiplinan siswa sebagian sudah terkandung di dalam program BK kelas XI dan XII SMA Pertiwi
1 Padang Tahun Ajaran 2016/2017 yang telah disusun oleh guru BK.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:40
Last Modified: 22 Apr 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6766

Actions (login required)

View Item
View Item