Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Arif, Ade Aulia (2017) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ADE_AULIA_ARIF_1302370_3443_2017.pdf] Text
B1_03_ADE_AULIA_ARIF_1302370_3443_2017.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yangdigunakan pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana(IPLBS) di SMK Muhammadiyah 1 Padang, yang mana model yang digunakanpada proses pembelajaran kurang tepat yang bersifat teacher centered danmengakibatkan siswa pasif dalam pembelajaran, sebagian besar hasil belajar siswabelum mencapai KKM. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yangmelibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran salah satunya denganmenerapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning).Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelahditerapkan Project Based Learning.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan secaraQuasi Experiment. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 SMKMuhammadiyah 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang terdiridari 33 orang siswa. Pada penelitian ini, metode pengumpulan data denganmenggunakan penilaian kinerja berupa rubrics yang telah baku dan divalidasikembali oleh penimbang ahli yaitu guru mata pelajaran. Data yang diperolehtersebut kemudian dikumpulkan dan diolah dalam bentuk deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa siswa telah mencapai nilai KKMyang telah ditetapkan yaitu 80. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata dariskor penilaian kinerja dengan presentase 88% sudah mencapai ketuntasan darinilai KKM yang ditentukan dan berdasarkan kategori yang diperoleh melalui skorpenilaian kinerja sebanyak 29 dari 30 siswa berada pada kategori sangat tinggi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajardalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek, dan memberikan pegaruhpositif pada siswa dengan menjadi aktif dalam pembelajaran, meningkatkankinerja siswa dalam menyelesaikan proyek yang dibuat maupun kemandirian dankedisiplinan di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), Hasil belajar, IPLBS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:40
Last Modified: 22 Apr 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6765

Actions (login required)

View Item
View Item