Martavia, Debi (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Bungo. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DEBI_MARTAVIA_1303892_3898_2016.pdf [thumbnail of B1_1_DEBI_MARTAVIA_1303892_3898_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DEBI_MARTAVIA_1303892_3898_2016.pdf
Download (458kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SMP
Negeri 1 Muara Bungo. Pembelajaran masih didominasi oleh guru, sehingga
siswa cenderung pasif dan kegiatan pembelajaran menjadi kurang bermakna serta
kurang bervariasi.. Untuk mengatasi masalah ini, dilaksanakan pembelajaran
menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini bertujuan
untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa
dengan memperhatikan gaya belajar.
Jenis penelitian ini menggunakan Kuasi Eksperimen dengan desain faktorial
2 2. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muara
Bungo Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII4
sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII8 sebagai kelas kontrol. Data dalam
penelitian diperoleh dari tes akhir berupa soal tes hasil belajar. Analisis data
dilakukan menggunakan uji t dan anava dua arah.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, hasil
belajar
siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving
lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan hasil belajar siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran konvensional. Kedua, hasil belajar siswa yang
mempunyai gaya belajar visual yang diajarkan dengan model pembelajaran
problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang
mempunyai gaya belajar visual yang diajarkan dengan Model pembelajaran
konvensional. Ketiga, hasil belajar siswa yang mempunyai gaya belajar Auditorial
yang diajarkan dengan model pembelajaran problem solving lebih tinggi
dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mempunyai gaya belajar Auditorial
yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Keempat, tidak
terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil
belajar siswa SMP Negeri 1 Muara Bungo.
Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran
pemecahan masalah memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar
khususnya pada siswa kelas VIII SMP N 1 Muara Bungo.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:38 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6760 |